Pages

Jumat, 12 Agustus 2011

Mengenal keloid


Keloid pada dasarnya adalah jaringan parut yang tumbuh tanpa dapat dikontrol setelah kulit sembuh dari luka seperti bekas luka dan utnuk menghilangkan keloid cukup sulit. Jaringan parut keloid bersifat keras dan berwarna kecoklatan tumbuh meninggi di atas kulit normal.
Yang sering membingungkan adalah bagaimana cara membedakan keloid dengan jaringan parut bekas luka yang biasa (hypertrophic scar). Hypertrophic scar merupakan pertumbuhan keatas (menonjol) jaringan parut bekas luka yang tidak melebar melewati batas luka. Parut ini dapat berkurang seiring dengan waktu.
Keloid tumbuh dan tampak sedikit mengkilat dengan warna kemerahan sampai kecoklatan. Beberapa keloid bisa tumbuh sangat besar dan tidak enak dilihat. Selain itu keloid juga bisa menyebabkan gatal dan nyeri saat dipegang..
Keloid jarang terjadi pada anak anak dan orang tua. Keloid mudah terjadi pada orang yang mempunyai kulit gelap tetapi tidak dipengaruhi oleh jenis kelamin.  Pada beberapa kasus, keloid mempunyai kecendrungan diturunkan dari orang tua ke anaknya alias bakat keloid
Untuk menghilangkan keloid sering dilakukan oleh dokter antara lain : injeksi dengan kortison, operasi, laser, salep silicon ataupun pembekuan. (Mew)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Real Time Analytics