Pages

Jumat, 12 Agustus 2011

Apa itu Furoshiki?


Kotak makanan

Furoshiki adalah salah satu kebudayaan Jepang. Furoshiki adalah kain berbentuk segi empat dengan beragam warna dan corak yang indah yang biasanya digunakan untuk mengemas, menjinjing kotak kemasan dan menyimpan barang-barang.
Awalnya furoshiki digunakan di rumah pemandian umum sebagai kain pembuntal pakaian dan perlengkapan mandi mereka yang pergi membersihkan diri di tahun 1600-an. Pada perkembangan berikutnya, Furoshiki digunakan sebagai pembungkus kotak makanan dan kue dan saat pesta pernikahan sebagai pembuntal seserahan. Kain yang digunakan umumnya bermotif burung bangau, kipas, pohon cemara dan ombak yang dipercaya akan membawa berkah dan kebahagiaan bagi penggunanya.
Saat ini pengunaan furoshiki kembali dihidupkan sebagai gerakan untuk menjaga lingkungan sekaligus pengkajian kembali budaya tradisional Jepang. Dengan cara membungkus yang kreatid, sejumlah cara penggunaan yang inovatif pun bermunculan. Furoshiki menjadi lebih digemari dan semakin sering digunakan misalnya sebagai tas, sebagai pembungkus kado dan dekorasi interior.
Tertarik mempelajari furoshiki? (Mew)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Real Time Analytics