Pages

Rabu, 20 Juni 2012

Hati-hati Sidrom karena Gadget


Di era modern ini banyak orang yang sangat bergantung pada kecanggihan teknologi. Kini gadget-gadget seperti sudah terjahit lengket di tangan setiap orang. Apapun dapat dilakukan oleh gadget ini. Segala kemudahan diberikan, seperti melakukan transakasi, kirim email, hingga berbelanja online. Namun segala sesuatu yang berlebiihan tentu tidak bagus, behitu juga dengan pemakaian gadget yang berlebihan. Berikut sidrom yang akan dialami bila memakai gadget  secara berlebihan.

1. Sidrom De Quervain 
Menimbulkan rasa nyeri pada daerah Prossesus Stiloideus tulang radius akibat inflamasi atau peradangan. Akibat peradangan akan timbul bengkak pada jaringan pembungkus tendon otot Abduktor Pollicis longus dan Ekstensor Pollicis Brevis. Sidrom ini dipicu oleh gerakan berulang-ulang, berlebihan, dan tidak biasa pada ibu jari seperti memeras kain dan permainan game.
Sidrom De Quervain
Sidrom De Quervain
Pada kondisi ini Jempol tak bisa di tekuk ke dalam. Injeksi steroid dan bidai pergelangan tangan di tahap awal. Pada kasus yang lebih berat diperluka tindakan memotong pembungkus tendon. 

2. Sidrom Carpal Tunnel
Menyerang bagian tengah pergelangan tangan. Terjadi akibat peningkatan tekanan pada saraf median dan tendon di terowongan karpal. Gerakan berilang menekuk pergelangna kapal tangan dna gerakan terus menerus mencengkeram bisa memicu sindrom ini

3. Sidrom Nomophobia
Sidrom ini tidak terlalu bahaya mungkin, karena penderita sidrom ini hanya akan mengalami rasa cemas berlebihan bila tidak berada dekat dengan gadgetnya. Nomophobia berasal dari no mobile phobia.

Jadi berlaku bijak dan pintar-pintar dalam menggunakan gadget. (Mew)

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Real Time Analytics